FAQ Integrasi

  1. Apakah kepanjangan dari iPay88 OPSG?
    • Kepanjangan dari iPay88 OPSG adalah iPay88 Online Payment Switching Gateway.

  2. Metode apa yang digunakan untuk mengirim seluruh data ke iPay88 OPSG?
    • Metode yang digunakan adalah HTTP POST Method.

  3. Apa yang harus saya sediakan untuk iPay88 OPSG sebelum melakukan integrasi pada akun merchant?
    • Kelengkapan data merchant dikirim lewat email ke [email protected] dan sediakan request url serta response url berdasarkan situs merchant yang didaftarkan.

  4. Apakah yang dimaksud dengan request url dan response url?
    • Request url adalah laman checkout (laman transaksi) pada situs merchant yang mengirim data ke iPay88 OPSG untuk merujuk ke laman pembayaran iPay88. Response url adalah laman pada situs merchant yang menerima status pembayaran dari iPay88 OPSG setelah transaksi selesai.

  5. Bagaimana saya melakukan uji transaksi saat proses integrasi?
    • Anda dapat menggunakan data kartu kredit yang diberikan oleh iPay88 seperti nama pemegang kartu, nomor kartu, tanggal kadaluarsa, dan nomor cvv.

  6. Berapa jumlah uang yang dapat digunakan per transaksi untuk proses pengujian?
    • Gunakan sampel berikut.
      Kode Mata Uang Total Deskripsi
      IDR 300000 Total diharuskan tidak mengandung angka desimal, penanda ribuan, dan kode mata uang.
      Contoh, total transaksi adalah Rp 3.000,00 menjadi 300000.

  7. Adakah pesan error yang saya dapatkan jika gagal mengirim data ke iPay88 OPSG?
    • Dibawah ini adalah pesan error yang dikirimkan kembali ke merchant beserta deskripsinya.
      Pesan Error Deskripsi
      Permission not allow. URL perujuk dari permintaan transaksi tidak sama dengan yang terdaftar di iPay88 OPSG.
      Signature not match. Signature yang dikirimkan ke iPay88 OPSG tidak dihasilkan dengan benar. Lihat bagian 3.1 di dokumentasi iPay88 OPSG untuk informasi lebih lanjut tentang signature.
      Over limit per transaction. Jumlah pembayaran melebihi nilai per transaksi yang ditetapkan untuk merchant account yang terdaftar.
      Duplicate reference number. Tidak diperbolehkan menggunakan nomor referensi yang status transaksinya telah sukses sebelumnya.
      Payment not allowed. Metode pembayaran yg dituju tidak tersedia untuk merchant account yang terdaftar.
      Invalid parameters. Beberapa parameter yang dikirimkan ke iPay88 OPSG tidak valid atau bernilai kosong.
      Status not approved. Merchant account ditangguhkan atau tidak aktif.

  8. Mengapa saya mendapatkan pesan "The return page URL not exist" pada web browser dan tidak bisa melihat laman pembayaran iPay88 OPSG?
    • Pastikan merchant code yang digunakan sudah benar.
    • Kirimkan request url lewat email ke [email protected] sebelum integrasi.
    • Pastikan response url tertera didalam nilai input response url saat mengirim data ke iPay88 OPSG.

  9. Bagaimana saya memastikan kalau proses integrasi telah selesai?
    • Pastikan parameter dikirimkan dengan benar ke iPay88 OPSG dan berhasil sampai laman pembayaran iPay88 OPSG.
    • Berhasil menerima status pembayaran dari iPay88 OPSG setelah melakukan pengujian transaksi.
    • Pastikan Anda menerapkan kontrol keamanan pada laman respon. Contoh, membandingkan signature dari iPay88 OPSG dengan signature yang dihasilkan oleh merchant.

  10. Bagaimana saya dapat mengubah informasi merchant seperti Request URL, nomor kontak, nama perusahaan, dan nomor rekening bank?

  11. Apa yang tidak boleh dilakukan setelah menekan tombol "Proceed Payment" di laman pembayaran iPay88 OPSG?
    • Jangan putuskan koneksi Internet Anda.
    • Jangan tutup browser saat transaksi sedang diproses.
    • Jangan klik tombol "Back" pada browser guna menghindari duplikat pembayaran.

  12. Saya mendapatkan deskripsi error "Fail (Card issuing bank do not honor the transaction)" yang dikembalikan oleh iPay88 OPSG, apa artinya?
    • Silakan hubungi bank penerbit kartu kredit untuk memeriksa apakah kartu tersebut dapat digunakan untuk transaksi online atau tidak.

  13. Apakah ada fungsi dari iPay88 OPSG dimana saya dapat menanyakan status pembayaran jika sistem saya tidak mendapatkan pengembalian status pembayaran dari iPay88 OPSG?
    • Anda dapat menggunakan fungsi re-query iPay88 OPSG server untuk menanyakan status transaksi. Silakan lihat bagian 2.8 di dokumentasi iPay88 OPSG untuk informasi lebih lanjut tentang iPay88 server re-query.